Sabtu, 02 Maret 2013

Udah Kenal Tetangga Sebelah kah????


Kali ini aku pengen bahas tentang hidup bertetangga. Bahasan seperti ini lebih banyak dianggap remeh sama kebanyakan orang dikarenakan urgensinya yang tidak begitu penting. Sebenarnya anggapan seperti itu sangat tidak tepat. Menjadi tidak menarik untuk dibahas karena di dalam kehidupan perkotaan seperti ini kebanyakan orang lebih memilih untuk bergaya hidup secara individu apalagi orang-orang yang tinggal di daerah kompleks ataupun perumahan-perumahan megah, dijamin deh kenal sama tetangga depan rumah juga enggak, ato bahkan tetangganya kenapa-napa (tiba-tiba meninggal misalnya) juga nggak ngerti. Miris sekali.
Di dalam Al Qur’an hidup bertetangga juga disebutkan, nih...

“Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukanNya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya kalian…” (Qs. An-Nisa’: 36)

Nah.. itu dia, kita harus berbuat baik kepada tetangga. Gimana mau berbuat baik kalo misal kenal tetangga aja enggak. Pernah di suatu majelis aku dan beberapa teman ditugaskan untuk berinteraksi dan silaturahmi kepada empat tetangga depan, empat dari sebelah kiri dan empat tetangga sebelah kanan dari rumah. Waww.. buat aku itu hal yang sangat menarik, kita harus mengenal dan berinteraksi dengan tetangga-tetangga kita dari segala sisi. Tapi entah kenapa itu merupakan hal yang cukup sulit untuk teman-temanku yang lainnya. Mungkin karena mereka kebanyakan mahasiswa kost-an yang memang tidak mengenal tetangga-tetangga sebelahnya. Ups. Ayolah teman, kenalan sama sebelah rumah... hihihihi :P

Ngomong- ngomong berbuat baik kepada tetangga, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan hal tersebut. Misalkan saja ketika kita masak (bagi yang hobi banget masak),jangan lupa dibagi buat tetangga sebelah. Percaya deh sedikit apapun kita ngasih tetangga kita,mereka bakalan seneng banget karena disamperin tetangga di kasih makanan pula. Apalagi, waktu kita masak aromanya nyampe ke hidung tetangga...wah wah wah...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berpesan...

“Wahai sekalian wanita muslimah, tidak diperbolehkan seorang tetangga menganggap remeh pemberian yang dia berikan kepada tetangganya. meskipun hanya sedikit.” (HR. Bukhari-Muslim)

Ada lagi nih...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Apabila engkau memasak sayur berdaging, maka perbanyaklah kuahnya, kemudian perhatikanlah anggota keluarga tetanggamu, lalu berilah mereka dengan cara yang baik.” (HR. Muslim)

Kenapa jadi bahas makanan juga ya ini, hihihi.... tapi emang bener deh, hal kecil seperti makanan pun juga bisa mengeratkan hubungan silaturahim dengan tetangga. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah beriman kepadaku seorang yang kenyang sedangkan tetangga di sampingnya menderita kelaparan, sementara dia mengetahui.” (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Dari hadist diatas aku bisa mengambil kesimpulan bahwa dari hal-hal kecil yang biasa luput dari anggapan kita ini ternyata begitu berperan penting dalam kehidupan sesuai yang diajarkan. Kita turut bertanggung jawab atas apa yang menimpa tetangga kita karena harusnya mereka bisa jadi lebih dekat dari pada saudara senasab (sekandung) kita yang tinggal berjauhan dari kita misalnya.

Tersadang kita agak bingung mau memulai berinteraksi dengan tetangga, mungkin dikarenakan emang nggak ada yang berani ngomong duluan... yang memulai yang lebih baik dong... bisa kita mulai dengan menyapa setiap berjumpa, mengucap salam, tersenyum,dst. Yakin aja deh, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan jika dari hati kita dengan tulus ikhlas melakukannya, maka itu akan Allah hitung suatu kebaikan. Bisa jadi, hal sederhana seperti senyuman pun bisa berkesan buat tetangga kita...

“Dan barangsiapa berbuat kebaikan seberat dzarah pun, niscaya dia akan melihat (balasannya).” (Qs. Az-Zalzalah: 8)

Jadi, yuk kita berbuat baik kepada tetangga kita. Kira-kira udah kenal tetangga sebelah belum ya????? Kalo belum, buruan ajakin kenalan.. huehuehuuuu... ^_^