Senin, 21 Oktober 2013

BERJALAN KE BARAT WAKTU PAGI HARI

Beberapa waktu terakhir ini aku suka sekali membaca puisi dan kumpulan sajak, terkadang juga menuliskannya. Entah mengapa aku merasa lebih bebas dalam menulis saat menyusun sajak. mungkin karena sebuah tabiat yang memang tidak suka terikat oleh aturan manusia. Aku bebas menuliskan segala rasa, segala kata. 

Hujan Bulan Juni adalah buku yang paling sering aku baca akhir-akhir ini. Sekumpulan Sajak karya Sapardi Djoko Damono ini serasa membiusku dalam, tenggelam dalam kata. Dan aku sampai pada halaman 55. Tertulis sajak indah penuh makna. 

BERJALAN KE BARAT WAKTU PAGI HARI

waktu aku berjalan ke barat di waktu pagi matahari mengikutiku di belakang
aku berjalan mengikuti bayang-bayangku sendiri yang memanjang di depan
aku dan matahari tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang telah menciptakan  bayang-bayang
aku dan bayang-bayang tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang harus berjalan di depan

(1971)

Sapardi Djoko Damono

HUJAN BULAN JUNI
Sepilihan Sajak
halaman 55